BELASAN AYAM MUKOMUKO MATI MENDADAK

Ayam-Mukomuko

Tepatnya Di Mukomuko Terdapat Belasan Ayam Mati Mendadak

SABUNG AYAM – Petugas peternakan kabupaten Mukomuko daerah propinsi Bengkulu menyatakan dalam sepekan terakhir belasan ekor ayam peliharaan warga setempat mati mendadak akibat terserang dua jenis penyakit tetelo dan ngorok.

“Kami telah memeriksa sampel ayam yang mati itu, dan ternyata ayam terserang penyekit tetelo atau ND dan ngorok atau CRD,” kata Kabid peternakan dan kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman, di Mukomuko.

Diapun menyebutkan bahwa belasan ekor ayam mati tersebut adalah peliharaan dua keluarga warga kampung dalam, Kelurahan pasar Mukomuko, Kecamatan Mukomuko.

Dia menyatakan bahwa petugas peternakan setempat telah melakukan langkah-langkah penanganan, yaitu disinfeksi kandang ayam dan lingkungan sekitarnya.

Selain itu juga dia mengatakan pula petugas peternakan memberikan vaksin ND terhadap sejumlah ayam yang sudah dan belum tertular penyakit tetelo dan ngorok.

“Masih ada jumlah belasan ekor ayam yang sakit dan ayam-ayam tersebut sudah kami obati,” Ujarnya pula.

Selanjutnya pun ia mengimbau warga untuk melaporkan ayam yang sakit kepada petugas peternakan setempat dan setiap tiga bulan memberikan vaksin ND kepada ayam.

Menurutnya juga warga setempat swadaya memberikan vaksin ND terhadap ayam sehat untuk mencegah ayam terserang penyakit tetelo dan ngorok.

Dia juga menjelaskan beberapa pemicu ayam tersebut terserang penyakit tetelo dan ngorok karena stress lingkungan dan faktor cuaca yang tidak menentu.

Menurutnya ayam mudah tertular akan penyakit itu karena penyebaran bakteri atau virus lewat debu.

Summary
BELASAN AYAM MUKOMUKO MATI MENDADAK
Article Name
BELASAN AYAM MUKOMUKO MATI MENDADAK
Description
Tepatnya Di Mukomuko Terdapat Belasan Ayam Mati Mendadak
Author
Publisher Name
AGEN SABUNG AYAM ONLINE BUANABET
Publisher Logo